DI SEPANJANG GARIS KEJADIAN, ADA TITIK YANG JARANG KITA JADIKAN LINGKARAN HIKMAH BAHKAN SELALU DIANGGAP SEBAGAI KURVA KETIDAKADILAN***KADANGKALA ALLAH MEMBUKA PINTU HIDAYAH HAMBANYA MELALUI MAKSIATNYA

Rabu, 18 Maret 2020

HIKMAH COVID 19

Dalam beberapa bulan terakhir, dunia digunjangkan dengan wabah virus corona atau yang lebih dikenal dengan istilah Corona Virus Deases (COVID 19). Penamaan COVID 19 merujuk pada istilah kasus-kasus serupa yang sudah dikantongi PBB. Di banyak negara, covid 19 sangat mengganggu pergerakan roda pemerintahan. Kasus itu dapat memberikan instabilitas baik ekonomi, sosial, politik, dan pendidikan.
Di Indonesia, covid 19 mulai terdeteksi masuk pada akhir Februari sampai awal Maret 2020. Perbincangan ramai saat warga Jepang yang bertandang ke Indonesia menjadi carrier bagi warga Depok. Pasca kejadian Depok, mulailah pemerintah buka suara terkait yang terjadi sebenarnya. Berita dan himbauan terus bertebaran di media sosial. Yang paling bergengsi adalah kebijakan Walikota Solo, disusul Gubernur DKI Jakarta, hingga Gubernur Jawa Tengah untuk menutup sementara sekolah-sekolah (belajar di rumah) sampai 14 hari ke depan yang dimulai tanggal 16 Maret lalu.
Tidak hanya itu, selang beberapa hari, untuk meminimalisir korban, Pemerintah melalui kemenPAN-RB mengeluarkan regulasi bahwa PNS bisa melakukan work from home (kerja dari rumah). Dari kejadian itu, paling tidak dapat diambil hikmah sebagai berikut.
  1. Masa kerja dari rumah, menjadi arena berkumpul bersama keluarga.
  2. Orangtua dapat terlibat langsung pembelajaran online bersama putra-putrinya.
  3. Bagi guru, dapat memanfaatkan pembelajaran online yang mungkin sejauh ini belum dipraktekan.
Itulah sedikit hikmah yang dapat diambil dari kejadian covid 19, pembaca dapat menambah yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar